FC Barcelona

Senin, 26 November 2012

Singapure Arlines



Pesawat yang terlibat dalam kecelakaan adalah Boeing 747-400, registrasi 9V-SPK. Ini telah dikirim ke Singapore Airlines pada tanggal 21 Januari 1997. Itu perawatan yang terakhir cek pada tanggal 16 September 2000, dan tidak memiliki cacat.
Pukul 15.00 UTC, 23:00 waktu setempat Taipei pada tanggal 31 Oktober 2000, [4] 9V-SPK kiri Bay B5  saat hujan deras yang disebabkan oleh Topan Xangsane. Pada 23:05:57, Bandara CKS dibersihkan pesawat ke landasan pacu 05L taksi ke melalui "taxiway Sierra Sierra Barat Cross" dan "November Papa".  Pada 23:15:22, bandara dibersihkan pesawat untuk lepas landas di 05L [5]. Banyak operator di Asia Tenggara dan Asia Timur lepas landas selama cuaca buruk
Setelah memegang enam detik, pada 23:16:36, kru mencoba lepas landas di landasan pacu 05R, yang telah ditutup untuk perbaikan, bukan landasan pacu 05L ditugaskan (yang berjalan sejajar dengan 05R). Kapten, Foong Chee Kong, benar mendengar bahwa ia perlu lepas landas di 05L, tapi ia berbalik 215 meter (705 kaki) terlalu cepat dan berbaris dengan 05R.  Bandara ini tidak dilengkapi dengan ASDA, radar tanah yang memungkinkan pengendali bandara untuk memantau pergerakan pesawat di tanah.


Diagram Chiang Kai-shek International Airport dan jalur taksi penerbangan Singapore Airlines 006. Garis putus-putus berwarna hijau menunjukkan jalur yang benar untuk 05L Runway. Panah kuning menunjukkan jalan menuju 05R Runway. Jalur merah menunjukkan jalur lepas landas fatal.
Karena visibilitas miskin di hujan deras, awak pesawat tidak melihat bahwa peralatan konstruksi, termasuk dua excavator, dua rol bergetar, satu buldoser kecil, dan satu kompresor udara,  telah diparkir di landasan pacu 05R. Selain itu, landasan pacu terdapat hambatan jersey beton dan lubang.  Tentang 41 detik kemudian,  pesawat bertabrakan dengan mesin dan pecah berkeping-keping. Pesawat terbelah dua, dan mesin dan roda pendaratan dipisahkan.  Sebuah derek merobek sayap kiri dari pesawat, memaksa jet kembali ke tanah.  Hidung menghantam sebuah loader sendok.  Sebuah kebakaran besar diikuti, menghancurkan bagian depan dari pesawat dan sayap.  79 dari 159 penumpang dan 4 dari 20 awak tewas dalam kecelakaan itu. Banyak orang mati duduk di bagian tengah pesawat;.  bahan bakar yang disimpan di sayap meledak dan mengirim bola api melalui bagian tersebut  Pada 23:17:36, bel darurat terdengar. 41 kendaraan pemadam kebakaran, ambulans 58, 9 unit pencahayaan, dan 436 personel dikerahkan untuk membantu korban dan memadamkan api. Bahan kimia pemadam hujan pada pesawat di sekitar tiga menit setelah dampak. Pada 23:35, kira-kira 10 menit setelah dampak, api dibawa di bawah kendali.  Pada 23:40, non-airport ambulans dan darurat kendaraan dari lembaga lain berkumpul di gerbang utara. Pada saat Taipei 00:00 1 November, api padam dan sebagian besar bagian depan pesawat itu hancur. Pihak berwenang mendirikan pusat komando sementara. Seorang penumpang China Airlines Penerbangan 004 merekam video dari Singapore Airlines Flight 006 di atas api.179 penumpang dan awak] termasuk 3 anak-anak dan 3 bayi,  berada di pesawat pada saat kecelakaan itu. Dari 179 penghuni, 83 tewas, 39 menderita luka serius, 32 mengalami luka ringan, sedangkan 25 yang terluka  Di antara mereka yang tewas, ada 4 anggota awak.. 79 penumpang dan awak meninggal pada dampak dan segera setelah kecelakaan dan 2 penumpang meninggal di rumah sakit.
Para penumpang sebagian besar terdiri dari Taiwan dan Amerika. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar